Article
2021-08-23 | ITHB
Bergaji Besar, Berikut Posisi Terlaris di Startup Business

Kombinasi antara Revolusi Industri 4.0 dan pandemi covid19,  memaksa naiknya tingkat permintaan terhadap mereka yang memiliki keahlian di berbagai bidang teknologi, sebagai imbas dari bergesernya platform business menuju era digitalisasi. Khususnya untuk sektor startup business, salah satu “kejutan” yang muncul adalah besaran kisaran gaji yang ditawarkan bahkan untuk karyawan di level beginner. 

Bahkan dalam sebuah laporan bertajuk “The Southeast Asia Tech Talent Compensation Report 2020/2021”, disebutkan adanya persaingan antar perusahaan rintisan dalam memburu mereka yang memiliki keahlian di sektor teknologi. Ini juga yang menjadikan pasar talenta digital menjadi begitu mahal di samping timpangnya supply and demand sumber daya manusia di sektor ini.

Lembaga riset Center for Human Genetic Research (CHGR) memprediksi bahwa bisnis rintisan di Indonesia akan bertumbuh hingga 6,5 kali lipat atau 13.000 bisnis. Tentu saja ini adalah kabar gembira bagi setiap individu yang memiliki keahlian di sektor teknologi.  Adapun startup business digadang-gadang akan menjadi primadona dunia kerja bagi generasi milenial, karena kultur kerja yang fun dan enjoyable –situasi kerja yang paling cocok bagi anak muda.

Berikut ini posisi terfavorit di sektor startup business beserta kisaran gajinya:

  • Project Director. Menurut laporan Salary Survey yang dilakukan oleh Robert Walters di Indonesia tahun 2019, gaji seorang Project Director dalam sebuah startup company berkisar antara Rp 58-116 juta per bulan.
  • Business Development Director. Teknologi canggih dalam perusahaan rintisan akan menjadi timpang jika tidak ditunjang oleh strategi pengembangan bisnis yang mumpuni. Communication skill yang baik nyatanya tidak dimiliki oleh setiap individu, sementara materi marketing dan public relation menjadi faktor krusial bagi pengembangan bisnis baru. Itulah sebabnya profesi ini juga masuk ke dalam posisi yang paling dicari dalam startup business. Menurut riset dari Kelly Services di Indonesia posisi ini memiliki gaji Rp 136-157 juta per bulan.
  • Chief Technology Officer (CTO). Perusahaan rintisan dengan CTO yang kompeten akan menjadi jaminan dalam menjalankan bisnis. Tanggung jawab terbesarnya adalah memastikan terjadinya keseimbangan dan sinergitas antara strategi teknologi dan visi perusahaan. Begitu krusialnya posisi ini, hingga gaji yang ditawarkan begitu menggiurkan yaitu antara Rp 83-141 juta per bulan.
  • Digital Product Manager. Spesifikasi kerja posisi ini adalah supervisi untuk setiap produk baru mulai dari proses pengembangan sebelum nantinya dipasarkan secara online. Tugas lainnya adalah mengelola lalu lintas produk yang ada, serta mengidentifikasi cara meningkatkan popularitas produk berdasarkan persepsi publik. Masih menurut Kelly Services, di Indonesia seorang DPM bisa menerima gaji sebesar Rp 29 juta per bulan.
  • Software Developer. Tugas utamanya adalah menciptakan produk. Namun demikian seorang software developer juga bertanggung jawab untuk memodifikasi suatu software agar kerusakan dapat diperbaiki, mengoptimalkan hardware baru dan mengembangkan kinerjanya. Masih menurut lembaga survey Robert Walters, gaji seorang SD ada di kisaran Rp 30-65 juta per bulan.
  • Software Engineer.  Bertugas melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, mengimplementasikan dan memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak untuk menjawab suatu permasalahan. Menurut survey Salary Survey Robert Walters, posisi ini menawarkan gaji sebesar Rp 20-40 juta per bulan.

 

Sementara untuk sektor digital dalam sebuah perusahaan rintisan, Robert Walters membaginya ke dalam beberapa posisi sebagai berikut:

  1. Head of Digital. Nominal per bulannya adalah Rp 58,3 juta hingga Rp 125 juta.
  2. Head of E-Commerce. Posisi ini memiliki gaji Rp 50 juta hingga Rp 107 juta per bulan.
  3. Head of Product Rp 83 juta sampai Rp 150 juta per bulan.
  4. Search Engine Optimization (SEO) Manager. Nominal per bulan Rp 20,8 juta hingga Rp 33,3 juta.
  5. Social Media Manager berkisar Rp 200 juta sampai Rp 400 juta per tahun. Nominal per bulan Rp 16,6 juta sampai Rp 33,3 juta.

Nah, demikian rincian gaji dari setiap posisi di sebuah startup company di Indonesia. Tentu saja kisaran ini hanya merupakan gambaran umum dan angka ril di lapangan akan sangat bergantung kepada skala perusahaan yang bersangkutan. Tapi intinya adalah, startup company memang menawarkan kompensasi menggiurkan untuk mereka yang memiliki keahlian khusus di bidang teknologi dan digital. Tertarik untuk menggeluti profesi “mahal” ini? 

Di tahun 2025 peluang bisnis online di Indonesia sebesar 2.100 triliun. Terkait hal tersebut, ITHB mempunyai beberapa program studi yang dipersiapkan untuk bersaing di era Big Data dan Industri 4.0 mulai dari prodi Informatika hingga Online Business. 

Di prodi Online Business ITHB keahlian yang dipelajari tidak hanya sesuai untuk mereka yang akan memulai start-up (bisnis baru) berbasis digital, tetapi juga bagi mereka yang bercita-cita mengembangkan bisnis digital yang sudah ada (misalnya dengan mengembangkan digital marketing), atau mereka yang beraspirasi untuk masuk ke dunia corporate: misalnya dengan mengubah bisnis tradisional menjadi yang dilengkapi dengan kekuatan di sektor online

Tertarik untuk menjadi bagian dari kemajuan jaman? Segera siapkan dirimu dan raihlah semua mimpi masa depanmu dan pastikan kamu tidak salah pilih kampus dan jurusan kuliah untuk masa depanmu ya. Karena hanya di ITHB, hampir 61% lulusannya diterima sebelum lulus kuliah.

Oh iya, kamu bisa cek bukti kesuksesan lulusan-lulusan ITHB di linktr.ee/KGJC.

Untuk memudahkan kamu tahu lebih lanjut mengenai apa yang bisa kamu dapat di ITHB, kamu bisa bertemu mahasiswa dan dosen ITHB dalam konsultasi program studi yang jadwalnya bisa kamu cek di linktr.ee/KPSITHB

Kami tunggu ya!

 

 

 

Balai Pustaka:

https://www.solopos.com/bergaji-besar-ini-sejumlah-posisi-di-perusahaan-startup-yang-jadi-incaran-milenial-1090922

https://campus.quipper.com/careers/business-development

https://www.entrepreneur.com/article/334502

https://www.purpose.jobs/blog/top-5-highest-paid-startup-salaries

https://economictimes.indiatimes.com/tech/startups/startup-salaries-swell-amid-pandemic-induced-funding-boom/articleshow/81855422.cms?from=mdr

https://grow.acorns.com/most-in-demand-skills-at-start-ups/

https://glints.com/id/lowongan/pekerjaan-web-developer/#.YMnv_0UzbIU

https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/607448e63e330/gaji-tinggi-talenta-digital

https://www.cekaja.com/info/mau-digaji-puluhan-juta-duduki-7-jabatan-ini-di-perusahaan-startup

https://lifepal.co.id/media/jabatan-ini-menawarkan-gaji-paling-besar-di-startup-indonesia/

https://jobskarir.id/cto/

https://qwords.com/blog/pekerjaan-software-developer/

https://campus.quipper.com/careers/insinyur-perangkat-lunak-software-engineering