Article
2021-11-24 | ITHB
The Latest on Global Economy: Billions Boost from Online Business as Nation Roars Back to Life

Dumay atau dunia maya jadi makin sesak setelah pandemi. Massive lockdown terburuk sepanjang sejarah terjadi di mana-mana, tidak peduli kawasan megapolitan atau dusun sepi di sudut kampung. Somehow, ada satu perbedaan mencolok yang muncul yaitu meleknya setiap lapisan society terhadap internet karena itu menjadi satu-satunya jalan untuk terhubung dengan dunia luar. Signal menjadi hal terpenting bagi “Manusia 4.0”. Tak heran jika ada anekdot berkata, “Internet telah menggeser kebutuhan pokok seperti pangan, sandang, dan papan.”

Apakah benar demikian, jelas tidak. Akan tetapi tak bisa disangkal bahwa internet telah mempenetrasi semua sendi bisnis dan faktanya adalah, ketika seseorang kehilangan akses di platform dunia digital, hampir pasti ada banyak kesempatan dan keuntungan yang akan hilang percuma. Uang tiba-tiba mempunyai sayap untuk terbang menjauh.

Bergerak cerdas dan inovatif, saat ini online business muncul bak jamur di musim hujan untuk menjadi motor penggerak ekonomi dunia yang sekarat akibat hantaman Covid19. Ketika masyarakat semakin “tenggelam” dalam kenyamanan berbelanja online, platform ini ditengarai akan menjadi panggung utama sektor bisnis di tahun-tahun mendatang. 

Mari cermati statistik berikut:

  • 1.79 miliar orang melakukan paling tidak satu transaksi online di tahun 2020.
  • 88%  dari mereka yang membeli online, terlebih dahulu melakukan riset.
  • 75%  customer toko online membutuhkan bantuan dalam 5 menit pertama.
  • 70%  UMKM menggelontorkan dana investasi untuk membangun platform digital.
  • 70%  orang yakin bahwa semua transaksi akan menjadi online di tahun 2030.
  • 48%  online shoppers adalah perempuan.
  • 36%  bisnis rumahan kini berjualan online.

Mulai muncul ke permukaan sekitar dua dekade silam, sistem perdagangan e-commerce kini menjelma menjadi “etalase” terbesar perdagangan era 4.0. Tidak ada salahnya jika kita mengintip pergerakan sistem e-commerce selama dunia dilanda pandemi. 

  • Transaksi online di sektor retail meningkat sebesar 74% di tahun 2020.
  • Aktivitas online sektor peralatan rumah tangga dan furnitur melonjak 97%.
  • Peralatan kosmetik dan sejenisnya naik 34%, sementara harga drop 12%.
  • Transaksi di sektor kebutuhan pokok secara daring diprediksi naik hingga 34%
  • 51% bisnis saat ini melakukan interaksi dengan pelanggan secara online.
  • Putaran uang e-commerce bisa menembus angka US$ 5 triliun di tahun 2022.
  • 73% customer melakukan transaksi di banyak situs online.
  • Artificial Intelligence (AI) akan segera mengambil tempat dalam perdagangan e-commerce.
  • Sistem Big Data akan lebih terlibat dalam melakukan personifikasi di sektor e-commerce. Dengan demikian, pengalaman belanja online akan semakin dinikmati karena akan lebih bersifat personal.

Itulah beberapa data statistik yang menjelaskan betapa bisnis online telah mengambil alih perdagangan konvensional seperti yang dikenal selama ini. Satu hal penting lain adalah terjadinya pergeseran kiblat e-commerce dari Benua Amerika menuju negara-negara Asia, termasuk Indonesia yang memiliki penduduk terbesar ke-4 di dunia. Total revenue sebesar US$ 6,20 triliun di sepanjang tahun 2020 di seantero Asia, telah menggusur dominasi e-commerce Amerika yang mengalami penurunan 16.9% di sepanjang tahun 2020.

Ini berbicara apa? 

Tidak lain adalah peluang besar yang menganga di depan mata, jika kita bisa menyikapi fenomena ini dengan cerdas. Kisaran pengguna e-commerce yang demikian besar di usia produktif, makin menjanjikan prospek cerah untuk mereka dengan intuisi tajam dalam memanfaatkan peluang. Dunia sudah berubah, bisnis pun demikian.

Salah satu unsur terpenting untuk masuk ke dalam sistem ini adalah tingkat keterampilan unggul, ketika harus bersinggungan dengan teknologi yang memang menjadi backbone sistem e-commerce. Apalagi dengan kenyataan bahwa AI dan Big Data akan menjadi bagian integral dari sistem perdagangan online. Tak ada jalan lain, sumber daya manusia harus disiapkan sedini mungkin. Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan lanjutan, akan memainkan peran utama dalam menelurkan generasi melek teknologi yang siap bersaing di era ekonomi 4.0 saat ini.

Terkait dengan hal itu, Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) akan menjadi partner tepat bagi kawula muda untuk memperlengkapi diri dalam menyambut era “new economic thinking”.

Program Studi Manajemen ITHB dan Online Business (OLB) merupakan program studi yang sangat aplikatif, di mana mahasiswa akan dibimbing langsung untuk bisa menciptakan prototipe bisnis di ujung masa perkuliahan. Program OLB juga membuka ruang bagi mahasiswa untuk menentukan beragam mata kuliah pilihan yang lebih banyak, sebagai bagian dari persiapan menjadi inovator bisnis berbasis teknologi.  Online Business Harapan Bangsa Business School juga merupakan jurusan dengan pemberian mata kuliah yang terintegrasi antara kemampuan mengelola bisnis, kemampuan IT seperti membuat website dan aplikasi mobile, serta kemampuan mendesain konten-konten kreatif berbasis teknologi. Mata kuliah-mata kuliah tersebut menuntun mahasiswa tidak hanya memahami teori tetapi juga selama setahun terakhir kuliah akan dibimbing menghasilkan prototipe untuk terjun sebagai entrepreneur.

Lalu apa saja yang membedakan Program Studi OLB ITHB dengan kampus lain?

  • Memiliki pengetahuan mengenai konsep pengembangan dan manajemen bisnis digital.
  • Mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen operasional yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan/pengarahan, dan pengendalian dalam berbagai aktivitas organisasi dalam rangka mencapai suatu tujuan organisasi/bisnis tertentu.
  • Mampu mengembangkan teknik-teknik pemasaran digital (Digital Marketing) dengan pemanfaatan teknologi informasi.
  • Mampu memecahkan masalah dengan dengan pendekatan kuantitatif maupun kualitatif melalui pengembangan alternatif solusi secara kreatif, memanfaatkan data dan informasi primer maupun sekunder secara tepat dan benar.
  • Mampu menerapkan prinsip-prinsip tata kelola dalam kegiatan operasional organisasi.
  • Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki integritas, mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas di atas kepentingan pribadi.
  • Mampu bertanggung jawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi serta mampu melakukan evaluasi atas hasil yang telah dicapai.

Adapun mata kuliah yang akan diterima mahasiswa sangatlah menantang dan membuka wawasan, dibagi dalam tiga pilar utama yaitu:

Business

  • Kemampuan membuat perusahaan yang memiliki keberlanjutan dengan menciptakan nilai perusahaan yang semakin meningkat
  • Kemampuan membuat laporan keuangan dengan pemahaman pemilik perusahaan dapat mengetahui kondisi perusahaannya melalui laporan keuangan yang sudah dibuat.
  • Kemampuan memahami fungsi-fungsi manajemen dalam perusahaan sebagai pilar perusahaan yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasional dan Produksi.
  • Kemampuan bekerja sama dalam mengerjakan proyek, dapat bekerja sama dalam tim sehingga menghasilkan output yang optimal dengan kemampuan berkomunikasi yang efektif termasuk dengan Bahasa Inggris
  • Memiliki sertifikasi-sertifikasi dalam menjalankan fungsi bisnis dan aplikasi sebuah software bisnis seperti SAP.

 

Design

  • Kemampuan melakukan creative thinking and innovation dan mampu menerapkannya dalam kekaryaan.
  • Kemampuan menggunakan metode scrum dalam menjalankan proyek baik pembuatan software, website, marketing maupun event planning dan sebagainya.
  • Kemampuan merancang konten visual dalam pemasaran produk atau jasa
  • Mampu menerapkan gambar, foto, huruf, warna dan elemen visual dalam media online
  • Kemampuan membuat penulisan iklan untuk media cetak, elektronik, media luar ruang serta media berbasis online
  • Mampu membuat naskah iklan yang komunikatif, persuasif dan kreatif untuk berbagai macam media dengan memanfaatkan komponen verbal dan visual

 

Teknologi Informasi

  • Memahami dan dapat menggunakan teknologi berbasis komputer seperti dasar jaringan komputer dan internet, teknologi arsitektur, penggunaan aplikasi di cloud platform
  • Mampu menggunakan teknologi frontend berbasis web seperti HTML, CSS, JavaScript.
  • Mampu mengembangkan framework berbasis IT dan library untuk membangun frontend yang mudah digunakan, menarik dan dinamis.
  • Mahasiswa memahami perbedaan antara user interface dan user experience , memahami pengaruh user experience terhadap tingkat usability dari sebuah aplikasi.
  • Mahasiswa mampu merancang dan mengevaluasi frontend system dengan tingkat kompleksitas menengah berdasarkan karakteristik dan kebutuhan pengguna.
  • Mahasiswa mampu mempersiapkan lingkungan pengembangan, membuat, menguji dan mendebug aplikasi mobile berbasiskan android. Mampu menggunakan asynchronous task dan background task. Mampu membangun aplikasi android yang bisa menyimpan, menampilkan dan membagi data.

Anyway, kuliah terkadang bisa menjadi rutinitas yang menjemukan dan ITHB mengetahui hal ini dan menyadari bahwa diperlukan jenis kegiatan lain untuk menjaga ritme proses belajar mengajar tidak dihinggapi kebosanan. Sebab itu Prodi OLB ITHB secara rutin menggelar acara seperti melaksanakan Webinar (Alumni Sharing, Fashion and Beauty, Mental Health), farewell party, malam keakraban, kunjungan industri untuk meningkatkan pengetahuan bisnis, mengikuti acara Tech in Asia serta berbagai program dari HIMA seperti penyambutan mahasiswa baru, serta membantu persiapan acara formalitas mulai kuliah untuk mahasiswa baru.

Itulah secuil informasi tentang Program Studi OLB ITHB. Dunia digital tidak akan pernah berhenti menciptakan sensasi baru. Dengan seliweran miliaran data setiap harinya, dunia bisnis online telah berevolusi menjadi “alam semesta” yang baru bagi manusia - it keeps expanding and evolving-. Satu hal pasti adalah seiring dengan perkembangan dunia online, demikian juga sektor bisnis yang sebentar lagi akan menempati cangkang online sebagai “rumah baru” untuk didiami. Setelah itu, tinggal menunggu waktu sampai akhirnya semua jenis bisnis pindah ke rumah digital yang baru.

Jadi jangan lupa persiapkan dirimu mulai dari sekarang. Buat kamu yang dari sekolah sudah suka berbisnis online atau senang dengan dunia digital, ini saatnya kamu mulai cari sumber yang bisa menuntun kamu menjadi ahli dalam bidang tersebut. 

Untuk mengilangkan rasa penasaran kamu mengenai bagaimana prospek karier, apa saja yang dipelajar di prodi Online Business ITHB, yuk kuti Konsultasi Prodi ITHB dengan dosen ITHB yang diadakan sesuai jadwal berikut: https://linktr.ee/KPSITHB

Kami tunggu ya!