top of page
bannerbusiness-1280x500-5e0d3_edited.jpg

Program Studi

Online Business

Prospek Program Studi

  • Semakin berkembangnya bisnis online di era digital saat ini memperlihatkan bagaimana bisnis online semakin mampu menggerakkan perekonomian dunia.

  • Di tahun 2025 peluang bisnis online di Indonesia sebesar 2.100 triliun. Dengan kata lain, keahlian yang dipelajari di prodi ini tidak hanya sesuai untuk mereka yang akan memulai start-up (bisnis baru) berbasis digital, tetapi juga bagi mereka yang bercita-cita mengembangkan bisnis digital yang sudah ada (misalnya dengan mengembangkan digital marketing), atau mereka yang beraspirasi untuk masuk ke dunia corporate: misalnya dengan mengubah bisnis tradisional menjadi yang dilengkapi dengan kekuatan di sektor online.

Program Studi Lain
Lab olb

Teknik

Desain

Lab Multimedia
Desain

Yang Membedakan Dengan Kampus Lain

  • Memiliki pengetahuan mengenai konsep Pengembangan dan Manajemen Bisnis Digital.

  • Mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen operasional yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan/pengarahan, dan pengendalian dalam berbagai aktivitas organisasi dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu.

  • Mampu mengembangkan teknik-teknik pemasaran digital (Digital Marketing) dengan pemanfaatan teknologi informasi.

  • Mampu memecahkan masalah dengan dengan pendekatan kuantitatif maupun kualitatif melalui pengembangan alternatif solusi secara kreatif, memanfaatkan data dan informasi primer maupun sekunder secara tepat dan benar.

  • Mampu menerapkan prinsip-prinsip tata kelola dalam kegiatan operasional organisasi.

  • Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki integritas, mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas di atas kepentingan pribadi.

  • Mampu bertanggung jawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi serta mampu melakukan evaluasi atas hasil yang telah dicapai.

Kurikulum Online Business

Semester 1

General Management (3 SKS) Pola Berpikir Kreatif dan Inovatif (3 SKS) Pengembangan Perangkat Lunak I (3 SKS) Prak. Pengembangan Perangkat Lunak I (1 SKS) Infrastruktur Teknologi Informasi I (3 SKS) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS) Pendidikan Agama (2 SKS) English I (2 SKS) Total 20 SKS

Semester 2

Statistika Bisnis (3 SKS) Perilaku Konsumen (2 SKS) Pengembangan Perangkat Lunak II (3 SKS) Praktikum Pengembangan Perangkat Lunak II (1 SKS) Infrastruktur Teknologi Informasi II (2 SKS) Core Skills And Character (2 SKS) Bahasa Indonesia (2 SKS) English II (2 SKS) Total 17 SKS

Semester 3

Riset Pemasaran (3 SKS) Manajemen Rantai Pasok (3 SKS) Accounting Principles (4 SKS) Marketing Management (4 SKS) Komunikasi Media Online (2 SKS) Leadership and Enterpreneurship – MK Pilihan 1 (2 SKS) MK Pilihan 2 (2 SKS) Total 20 SKS

Semester 4

Valuation (2 SKS) Business Strategy (2 SKS) Visual Content (3 SKS) Pengembangan Aplikasi Web (3 SKS) Praktikum Pengembangan Aplikasi Web (2 SKS) Operation & Service Management (3 SKS) Internship (2 SKS) Career Planning – Total 17 SKS

Semester 5

Pemasaran Digital I (3 SKS) Praktikum Pemasaran Digital I (1 SKS) Naskah Periklanan (3 SKS) Online Branding (2 SKS) Manajemen Pengembangan Perangkat Lunak (2 SKS) General Computer Skills and Communication Skills – MK Pilihan 3 (2 SKS) MK Pilihan 4 (2 SKS) MK Pilihan 5 (2 SKS) Total 17 SKS

Semester 6

Pemasaran Digital II (3 SKS) Praktikum Pemasaran Digital II (1 SKS) Pengembangan Aplikasi Mobile (3 SKS) Praktikum Pengembangan Aplikasi Mobile (1 SKS) Analisis Data (3 SKS) Praktikum Analisis Data (1 SKS) User Interface Design (3 SKS) SAP ERP Introduction – Career Roadmap – MK Pilihan 6 (3 SKS) Total 18 SKS

Semester 7

Final Project – Ideation (3 SKS) Final Project – Selection (3 SKS) Final Project – UI/UX Design (6 SKS) Final Project – Prototype Development (6 SKS) Total 18 SKS

Semester 8

Final Project – Prototype Testing (2 SKS) Final Project – Business Plan Strategy and Business Plan (4 SKS) Final Project – Business Plan Operation (4 SKS) Final Project – Business Plan Marketing (4 SKS) Final Project – Business Plan Valuation (4 SKS) Total 18 SKS

Tim Dosen Online Business

Dr. Laura Lahindah, M.M. Ketua Program Studi Manajemen

Dr. Laura Lahindah, M.M.
Ketua Program Studi Online Business

Doktor dalam bidang Ekonomi Manajemen dari Universitas Katolik Parahyangan.

 

Profesional dalam bidang keuangan di industri tekstil nasional.

Dr. Ir. Samuel Tarigan, MBA. Rektor

Dr. Ir. Samuel Tarigan, MBA.

Doktor Strategic Management (cum laude) dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

​

MBA dalam bidang Finance dari 

Marshall Business School di University of Southern California, US (salah satu Top Business School di US, #16 US rank).

 

Sertifikat Profesi Digital Marketing Analytics dari Massachussets Institute of Technology (MIT) USA (#1 world rank, QS)

 

Profesional di Booz Allen Hamilton (konsultan strategi dan manajemen top dunia), Ernst & Young, IBM, Citibank dan Accenture. 

Michael Chadrawijaya_edited

Michael Chandrawijaya, M.M.

Magister Manajemen dari Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB

Akreditasi Program Studi Manajemen

Akreditasi Manajemen 01 April 2020 s.d 01 April 2025

Program Studi Manajemen telah terakreditasi sesuai

SK BAN-PT No. 2136/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IV/2020

Prestasi Program Studi Online Business

Prestasi

Mahasiswa &
Dosen

Michael Chandrawijaya, M.M.

Tim Online Business ITHB berhasil masuk 10 besar nasional dalam ajang kompetisi Pitch First.

2019

Dalam kompetisi tersebut, Darren Benaya dan Winston Xu (Online Business ‘18) menyampaikan ide bisnis Aptana, sebuah aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pengangguran di Indonesia.

Formulir Pendaftaran Online

bottom of page