top of page
Search
  • Writer's pictureYoga Nugraha

Acara Donor Darah di ITHB

(Kerjasama HIMA Teknik Industri, PMI Kota Bandung & Komunitas Sahabat Donor Darah)



Dalam misi untuk kemanusian dan berkat untuk sesama, HIMA Teknik Industri ITHB bekerja sama dengan PMI Kota Bandung dan Komunitas Sahabat Donor Darah menggelar kegiatan donor darah pada Jumat, 28 April 2023.


Acara ini berlangsung pada pukul 09.00-12.00 WIB di Ruang Kelas B006 & B008, Kampus ITHB. Peserta kegiatan donor darah tidak hanya civitas akademika ITHB namun juga masyarakat sekitar. Ada lebih dari 40 peserta yang hadir untuk donor darah.


Setelah donor darah para peserta pun mendapatkan apresiasi dari panitia acara.


"Para peserta mendapatkan souvenir dan sertifikat setelah beres donor darah. Selain itu juga mereka mendapatkan makanan ringan dan minuman dari komunitas Sahabat Donor Darah." ujar Adjie Panglipuring, ketua acara Donor Darah.





Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Komunitas Sahabat Donor Darah karena mahasiswa ITHB, khususnya HIMA Teknik Industri secara aktif menjalin kerjasama agar acara ini terlaksana dengan baik


“Komunitas Sahabat Donor Darah adalah komunitas yang bekerjasama dengan PMI yang membantu untuk proses pendonoran. Jadi kita biasanya membantu memberikan edukasi. Nah kebetulan mereka meminta kerjasama untuk diadakan donor darah dan sebagai penghubung ke PMI dan itu kita bantu untuk bisa terlaksana” ujar Anne Mariane, Koordinator Sahabat Donor Darah.


Donor darah memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah: 1. Menjaga kesehatan jantung

; 2. Meningkatkan produksi sel darah merah; 3. Membantu penurunan berat badan.


Sebagai pihak yang diajak berkerja sama oleh ITHB, PMI Kota Bandung juga mengapresiasi kegiatan donor darah yang sangat membantu sesama ini.


“Kami dari PMI sangat berterima kasih atas kesempatan ini. Malah kami berharapnya kalo bisa kegiatan donor darah dilakukan secara berkala seperti di salah satu mall di kota Bandung”, ujar Yahya, juru bicara dari PMI Kota Bandung.


Menurut juru bicara dari PMI Kota Bandung, donor darah disarankan dilakukan secara berkala.


“Donor darah ini dianjurkan per 3 bulan sekali. Namun tetap harus dilihat juga secara berkala kondisi dari pendonor saat melakukan donor darah”, ujarnya.

Jadi sudah pada tahu kan tentang pentingnya donor darah?.





Nah ini ada kabar baik untuk kamu yang tadi belum sempat untuk ikut donor darah. Menurut ketua donor darah dari HIMA Teknik Industri, kegiatan donor darah ini juga direncanakan akan digelar di tahun depan.


"Bakal ada tiap tahunnya. Tahun-tahun sebelumnya sempat tertunda karena pandemi", ujar Adjie.

23 views0 comments

Comments


bottom of page