top of page
Search
  • Writer's pictureYoga Nugraha

Institut Teknologi Harapan Bangsa Memainkan Peran Penting dalam Mengatasi Kekurangan Tenaga Digital


Bandung, 16 September 2023 - Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) Bandung dengan bangga menggelar acara Wisuda Sarjana dan Magister 2023 pada Sabtu, 16 September 2023 di Harris Hotel & Conventions. Wisuda ke-19 ini menjadi momen bersejarah bagi para mahasiswa yang telah menyelesaikan perjalanan akademik mereka dengan sukses.


Dalam upaya memenuhi kebutuhan perusahaan yang semakin besar akan tenaga digital yang berkualitas, ITHB telah memainkan peran yang sangat penting dalam menjembatani kesenjangan antara pencari kerja dan perusahaan. Dengan permintaan yang terus meningkat di sektor teknologi, perusahaan-perusahaan di seluruh Indonesia semakin membutuhkan pekerja yang memiliki standar kualitas yang diakui secara internasional.


Data menunjukkan bahwa Indonesia masih kekurangan sekitar 9 juta tenaga digital hingga tahun 2030. Hal tersebut berarti ketidaksesuaian antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan pasar masih menjadi masalah yang mendesak.


ITHB, sebagai lembaga pendidikan yang terus berinovasi, telah berhasil meluluskan 291 wisudawan sarjana tahun ini. Yang mengesankan adalah bahwa sebanyak 65,6% wisudawan telah berhasil memperoleh pekerjaan sebelum diwisuda. Ini adalah bukti nyata bahwa ITHB telah membekali mahasiswanya dengan keterampilan teknologi yang sangat dicari oleh industri.


Selain itu, ITHB merayakan pencapaian besar lainnya pada tahun ini dengan meluluskan mahasiswa Magister Manajemen (MM). Program MM yang baru pertama kali dibuka tahun lalu, telah mengalami pertumbuhan paling pesat sejak berdirinya. Hal ini disebabkan oleh program yang dirancang sesuai kebutuhan, dengan durasi hanya 1 tahun, dapat diikuti secara online, dan jadwal yang fleksibel sesuai jam kerja. Tidak hanya itu, pengajar di program ini memiliki kualifikasi global, dan memberikan pengalaman belajar yang berkualitas tinggi kepada mahasiswa.


Salah satu hal yang membedakan ITHB dari perguruan tinggi lainnya di Indonesia adalah karier globalnya. Lulusan ITHB telah sukses memasuki perusahaan-perusahaan terbaik dunia, termasuk Boston Consulting Group (BCG), Ernst & Young (EY), PricewaterhouseCoopers (PwC), Deloitte, KPMG, IBM, SAP, Accenture, BCA, Tokopedia, Shopee, Gojek, Astra, Grab, dan banyak lainnya. Selain itu, prestasi mahasiswa ITHB telah mendunia, dengan beberapa mahasiswa meraih penghargaan dan pendanaan sebesar 10.000 USD dalam program Google Bangkit dan diterima dalam program University Innovation Fellows dari Stanford University, kampus penghasil Google.


ITHB sendiri merupakan satu-satunya kampus swasta yang menjadi mitra Google di tahun 2020 yang lalu (dan masih berlangsung hingga saat ini) untuk pelaksanaan training Machine Learning oleh Google melalui Program Google Bangkit. Saat ini program Google Bangkit dilaksanakan dalam naungan Kampus Merdeka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bersama Google, Gojek, Tokopedia, Traveloka, Deeptech serta kampus mitra lainnya.


ITHB berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi yang berarti dalam mengatasi kekurangan tenaga digital di Indonesia dan membekali generasi muda dengan keterampilan yang relevan dan berdaya saing di tingkat global.


⦁⦁⦁


Tentang Institut Teknologi Harapan Bangsa


Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB)adalah perguruan tinggi yang berorientasi pada bidang teknologi informasi yang didirikan oleh Yayasan Petra Harapan Bangsa pada tahun 2002 di kota Bandung, dan dikenal dengan ribuan alumni yang memiliki reputasi karier global di jalur cepat.

Lebih dari 3,000 alumni ITHB telah berkarier global di perusahaan−perusahaan terbaik dunia seperti Boston Consulting Group, Accenture, Ernst & Young, IBM, KPMG, Pricewaterhouse, Deloitte, Ogilvy, Hakuhodo, dan banyak lagi. Mereka berkarya bukan hanya di Indonesia, tetapi di berbagai negara lain di Asia, Eropa, dan Amerika. Dibekali dengan penguasaan teknologi dan sertifikasi profesi internasional, lebih dari 65% lulusan ITHB direkrut sebelum diwisuda.

Di ITHB, para mahasiswa mendapatkan dosen−dosen lulusan perguruan tinggi terbaik dari dalam dan luar negeri, kurikulum standar global, bahkan pelatihan karier kelas dunia. Program studi yang diselenggarakan ITHB pada jenjang Sarjana (S1) adalah Informatika, Sistem Informasi, Teknik Industri, Desain Komunikasi Visual, Akuntansi, Online Business, dan Manajemen. Sedangkan pada jenjang Magister (S2) terdapat program studi Magister Manajemen.


37 views0 comments

Commentaires


bottom of page