top of page
Search
  • Writer's pictureYoga Nugraha

Kerja Sama ITHB & SMA Trinitas: Kegiatan Ekstrakurikuler Desain Ilustrasi dan Game Art


Di era digital yang semakin maju seperti sekarang, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah memiliki peran yang penting dalam mengembangkan potensi dan keterampilan siswa di luar pembelajaran akademik. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang menarik dan kreatif di SMA Trinitas Bandung adalah Desain Ilustrasi dan Game Art. Kegiatan ini merupakan hasil dari kolaborasi sekolah dengan kampus partner, yaitu Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB).


Kegiatan ekstrakurikuler Desain Ilustrasi dan Game Art bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa-siswa SMA Trinitas Bandung yang memiliki minat dan bakat di bidang seni digital untuk mengembangkan kemampuan mereka secara lebih mendalam. Melalui kegiatan ini, siswa dapat mempelajari berbagai aspek desain grafis, ilustrasi, dan pembuatan game.


Kerjasama antara SMA Trinitas Bandung dan ITHB membawa keuntungan yang besar bagi siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler ini.

ITHB, sebagai kampus yang memiliki program studi terkait desain grafis dan game development, menyediakan fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk mendukung kegiatan ini. Siswa-siswa memiliki akses ke perangkat lunak desain terbaru, komputer yang dilengkapi dengan spesifikasi tinggi, serta ruang laboratorium yang didesain khusus untuk kegiatan desain grafis.


Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler Desain Ilustrasi dan Game Art juga melibatkan dosen dan mahasiswa dari ITHB sebagai mentor dan pembimbing. Mereka memberikan panduan dan pengetahuan praktis kepada siswa-siswa dalam pengembangan karya seni digital. Dosen dan mahasiswa tersebut juga memberikan insight tentang industri desain dan game yang bermanfaat bagi siswa yang berminat melanjutkan pendidikan di bidang ini.


Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini, siswa-siswa memiliki kesempatan untuk belajar dan berlatih menggunakan berbagai perangkat lunak desain terkemuka seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan game engine untuk pembuatan game. Mereka diajak untuk mengasah keterampilan mereka dalam menggambar, mengolah warna, menciptakan karakter, dan mengembangkan konsep visual yang menarik.


Selain pembelajaran di dalam kelas, kegiatan ekstrakurikuler ini juga memberikan kesempatan bagi siswa-siswa untuk berpartisipasi dalam proyek desain nyata, seperti pembuatan ilustrasi untuk poster sekolah, desain merchandise, atau bahkan pengembangan mini game sederhana.

Dalam menciptakan karakter, para siswa dilatih untuk lebih kreatif dengan membuat model karakter yang dibuat dengan bahan akrilik sehingga design karakter yang mereka rancang memiliki bentuk fisik yang bisa dipajang, dipamerkan bahkan dikembangkan menjadi lebih menarik. Hal ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis yang berharga, tetapi juga membangun kepercayaan diri dan kreativitas siswa dalam menyampaikan ide-ide mereka melalui karya seni digital.


Kegiatan ekstrakurikuler Desain Ilustrasi dan Game Art di SMA Trinitas Bandung merupakan langkah yang baik dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di dunia desain dan game.

168 views0 comments

Comments


bottom of page