top of page
Search
  • Writer's pictureYoga Nugraha

Sharon Devita's Journey: From ITHB to Art Director


Kesuksesan dalam karier di industri kreatif merupakan tantangan besar dalam dunia yang semakin kompetitif dan dinamis. Namun, kisah inspiratif Sharon Devita, seorang alumnus Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) di Bandung, memberikan bukti bahwa pendidikan yang berkualitas, tekad yang kuat, dan keberanian untuk melangkah di luar kebiasaan dapat membawa seseorang meraih puncak karier.


Sharon, lulusan SMA Kristen Ketapang III Cibubur ini memilih berkuliah di ITHB karena kualitas program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang telah terbukti.

Selama masa kuliah, mata kuliah favoritnya adalah periklanan, yang menjadi pijakan bagi kariernya di industri periklanan. Sharon sangat mengapresiasi peran Pak Valens, salah satu dosennya di ITHB, yang tidak hanya memberikan materi yang jelas dan terkini, tetapi juga menjalin interaksi diskusi dan memberikan bimbingan kepada mahasiswanya. Pak Valens bahkan menciptakan struktur dunia periklanan sebagai materi pembelajaran, sehingga mahasiswa tidak perlu mencari penjelasan dari sumber eksternal. Pengalaman ini memberikan kontribusi yang sangat berharga bagi Sharon dalam mengembangkan keterampilan dan minatnya di bidang periklanan.


Selain itu, ITHB juga memberikan dukungan dalam pengembangan karier Sharon melalui Career Resource Center (CRC), yang membantu mahasiswa menentukan arah karier berdasarkan minat mereka dan memberikan bantuan dalam pembuatan CV. Sharon menyadari bahwa sebagai generasi muda, energi yang dimilikinya harus dikelola dengan baik dan dimaksimalkan. Ia meyakini bahwa pendidikan memainkan peran penting dalam mempersiapkan diri untuk meraih kesuksesan dalam karier, tetapi juga membutuhkan tekad dan keberanian untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa.


Sebelum lulus, Sharon sudah memulai karier profesionalnya di perusahaan teknologi Gojek, di mana ia dihadapkan pada tantangan bekerja yang cepat dan dinamis. Salah satu alasan dia diterima di Gojek adalah pengalamannya saat magang di Grab sebelumnya. Setelah menyelesaikan magang di Grab, seorang teman mengajaknya untuk bergabung dengan Gojek sebagai desainer. Sharon menghadapi tantangan ini dengan memahami kelemahan yang dimilikinya dan memiliki tekad serta keberanian untuk melangkah di luar kebiasaan.


Saat ini, Sharon telah mencapai posisi sebagai Art Director di Fortuna, sebuah agensi kreatif berorientasi global dengan klien-klien besar seperti: BRI, Erajaya, TikTok, Lazada, dan banyak lagi. Di Fortuna, Sharon memberikan arahan seni dalam proyek iklan dan panduan kepada para desainer grafis.

Selama di Fortuna, Sharon telah bekerja dengan beragam klien sebagai penanggung jawab perancangan mood design untuk Rollover Reactions (Make Up), penyusun konsep kampanye digital dan on-ground untuk Ultra Jaya, dan membantu mengawasi para desainer yang membuat konten harian untuk media sosial dan merchandise untuk Ultra Jaya & Deka Wafers.


Pengalaman dan keberhasilan Sharon Devita merupakan bukti nyata tentang bagaimana pendidikan yang berkualitas, tekad yang kuat, dan keberanian melangkah di luar kebiasaan dapat membawa seseorang meraih kesuksesan dalam karier di industri kreatif yang kompetitif. Sharon adalah contoh inspiratif bagi para generasi muda yang bersemangat dan berani untuk mengejar impian mereka dalam bidang yang mereka cintai.


157 views0 comments
bottom of page